BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

CARA MENGETIK CEPAT DENGAN 10 JARI

Anda tentu akan senang apabila dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan benar. Bahkan hampir semua orang akan merasa senang apabila dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Seorang pimpinan pun sangat senang apabila karyarwannya dapat melakukan pekerjaan dengan cepat. Mengapa demikian ? Karena menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dapat meningkatkan produktifitas atau keuntungan. Kerlambatan pengiriman data administrasi dapat mengakibatkan kegagalan dan kerugian besar dalam sebuah bisnis. Pengetikan merupakan salah satu pekerjaan administrasi yang penting dari semua pekerjaan. Sehingga dalam sebuah bisnis/ usaha dibutuhkan karyawan yang dapat mengetik dengan cepat dan benar.
    Tidak mudah bagi seseorang dapat melakukan pengetikan dengan cepat, karena pekerjaan tersebut membutuhkan keahlian khusus yang tidak dapat dilakukan oleh setiap orang. Sebenarnya tidak terlalu sulit bagi orang yang mau belajar ? karena mengetik sebuah pekerjaan riil, terlihat dengan jelas, tanpa menggunakan rumus maupun hitungan angka. Tombol-tombol digital memiliki peranan penting bagi seorang administrator, karena dapat menyingkat waktu kerja. Tombol-tombol digital telah didesain sedemikian rupa sehingga mempermudah dan mempercepat penggunanya. Seseorang dapat mengetik dengan cepat karena telah memahami letak setiap tombol digital yang terdapat di keyboard dan memainkan kesepuluh jari dalam memilih tombol-tombol tersebut. Bagi seseorang yang profesional mengetik dapat menuliskan ratusan kata dalam hitungan menit. Ingin tahun caranya ?
1. Pahami terlebih dulu tombol susunan huruf, angka dan tanda baca lainnya yang terdapat pada keyboard
2. Pahami fungsi masing-masing tombol, karena tombol memiliki fungsi ganda.
3. Pahami peran jari-jari anda pada saat bermain di atas keybord, pastikan bahwa kesepuluh jari anda memiliki peran masing-masing, baik jari kanan maupun kiri. Biasakan jari menekan tombol yang telah menjadi bagiannya, dan hindari penggunaan jari tidak pada tempatnya. Seperti apakah peran dan tugas jari-jari anda ?
  1. Jari kelingking kiri, memiliki area kerja di bagian paling kiri, yaitu tombol: tab, Caps lock, Shift,Ctrl kiri, huruf Q, A, Z. Kunci utama kelingking kiri terdapat pada huruf A.
  2. Jari manis kiri, memiliki area kerja di bagian paling kiri juga, yaitu tombol : esc, ~, F1, F2, 1(!), fn apabila ada, huruf W, S, X, angka 2
  3. Jari tengah kiri, area kerjannya meliputi: F3, F4, windows, alt kiri, huruf E, D, C, angka 3(#), 4($)
  4. Jari telunjuk kiri, area kerjanya meliputi: F5, F6, huruf R, T, F, G, V, B, angka 5(%), 6
  5. Ibu jari kiri dan kanan cukup pada spasi.
  6. Jari telunjuk kanan, area kerjanya meliputi: F7, F8, huruf Y,U, H, J, N, M, angka 6, 7
  7. Jari tengah kanan, area kerjanya meliputi : F9, F10, huruf L, K, <(,), angka 9, 0, _, =, backpause, home, 
  8. Jari manis kanan, area kerjanya meliputi : F11, F12, pause break, prt sc sysrq, insert num, delete, -, =, baxckspace, home, huruf O, L, P, (,), (.), alt kanan, ctrl kanan, drag kanan, kiri, atas, bawah. 
  9. Jari kelingking kanan, area kerjanya meliputi : tombol (:),(‘), [, ], \, enter, pgup, pgdn, shif kanan, end. 
      Kira-kira demikian, penempatan jari tersebut bukan bukan area mutlak, tetapi dapat berubah sesuai dengan dengan pengetikan kata, permainan jari dapat bergeser ke kiri atau ke kanan. Yang penting blok sebelah kanan menjadi area kerja jari-jari kanan sedangkan blok sebelah kiri menjadi area jari-jari kiri, dan kesepuluh jari bekerja secara optimal. Dengan demikian dapat melakukan pengetikan dengan cepat, karena mata tidak perlu melihat pada keyboard, melainkan melihat pada teks yang diketik dan hasil ketikan yang terdapat pada monitor.
 4. Menyingkat kata yang diketik berulang kali, misalnya menulis sebagai berikut : cukup diketik sbb, antara lain diketik al. , dan seterusnya. Selain menghemat waktu menyingkat penulisan kata dapat mengurangi kesalahan dalam pengetikan. Untuk menyingkat kata dapat memanfaatkan setingan microsoft office yang terdapat pada replace, melalui option proffing untuk MS Office 2010 
5. Lakukan latihan mandiri, Apabila mampu melaksanakan keempat langkah tersebut, tidak mustahil dapat melakukan pekerjaan pengetikan dengan cepat. Belajar mengetik cepat tidak harus dengan guru. Dengan kecanggihan teknologi pengguna komputer dapat melakukan latihan sendiri dengan mudah. Caranya : melatih meletakkan jari pada posisi masing-masing. Untuk latihan awal letakkan jari anda mulai dari kelingking kiri hingga kelingking kanan pada huruf: A, S, D, F, G, H, J, K, L, :. Khusus ibujari baik kanan maupun kiri letakkan pada tombol spasi. Apabila merasa nyaman pada masing-masing tombol baru mulai naik turun menekan tombol secara bergantian. Apabila masing-masing jari telah memahami letak masing-masing huruf, mulailah melatih reflek, caranya tutup mata kemudian ketikkan kata-kata atau kalimat, kemudian buka mata untuk mengecek kebenarannya. Lakukan berulang kali sehingga masing-masing jari secara reflek mengetahui posisi masing-masing. Demikian sekilas cara belajar mengetik cepat dengan 10 jari. Selamat berlatih semoga dapat melakukan pengetikan dengan cepat.

Comments
0 Comments