BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

CARA MEMBUAT EVALUASI DIGITAL BAGIAN 18



18.        Membuat tampilan lembar kerja menjadi full schreen
Dibuatnya tampilan tersebut agar siswa dapat mengerjakan evaluasi dengan konsentrasi, karena banyaknya menu yang tampil akan memecah konsentrasi, sehingga hasilnya tidak maksimal.  Script yang digunakan disimpan di Workbook yang sudah tersedia di VBAProject(EvaluasiDigital.xlsm) – Workbook. Caranya : masukkan script di bawah ini  ke dalam Workbook :
 Private Sub Workbook_Activate()
On Error Resume Next
With Application
 .DisplayFullScreen = True
     .CommandBars("Worksheet Menu Bar").Enabled = False
End With
End Sub
Private Sub Workbook_Deactivate()
On Error Resume Next
With Application
      .DisplayFullScreen = False
     .CommandBars("Worksheet Menu Bar").Enabled = True
End With
End Sub

Demikianlah cara membuat perangkat evaluasi pembelajaran dalam bentuk digital (Evaluasi Digital) dengan memanfaatkan MS Office Excel pada Windows 8. Setelah selesai proteks semua lembar kerja, beserta script VBAnya. kecuali database (apabila bermasalah).  Mengapa harus diprotek, perlu kita ketahui kadang terdapat siswa yang memiliki kemampuan lebih dibanding gurunya, sehingga bisa mengacak-acak lembar kerja yang telah dipersiapkan dan menjadikan error. Evaluasi Digital diedit menggunakan windows 8 dan MS Office Excel 2010.
Berdasarkan uji coba yang dilakukan siswa, Windows 7 dan MS Office 2007 dan sebelumnya kurang mendukung, karena nilai tidak dapat tersimpan. Evaluasi digital tersebut dibuat dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi guru agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Bagaimana siswa akan kreatif kalau gurunya saja tidak mau kreatif dan maju. Oleh karena itu kepada sesama guru kami mengajak bersama untuk mengembangkan kemampuan diri seiring dengan perkembangan teknologi yang tiada henti. 
Aplikasi tersebut diedit masih bersifat fleksibel, dapat diedit oleh guru sesuai dengan kebutuhan dalam kegiatan evaluasi. Penulis mohon maaf yang setulus-tulusnya apabila paparan di atas masih sulit dipahami, karena adanya keterbatasan dalam pemahaman bahasa, khususnya cara menyajikan sebuah tutorial. Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para pembaca yang telah berpartisipasi dan berkenan membacanya. Kritik dan saran sangat kami harapkan untuk memperbaharui kekurangan-kekurangan tutorial di atas.
Comments
0 Comments