BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

CARA MEMBUAT EVALUASI DIGITAL BAGIAN 4

4. Sheet Data Siswa dan Daftar Nilai
     Sebenarnya yang berperan sebagai database adalah sheet Daftar Siswa, adapun sheet Database berperan sebagai perantara untuk memasukkan nilai dari FormImput menuju Daftar Nilai. Sebab shett database yang dapat menyimpan nilai yang diperoleh siswa yang mengerjakan.  Selain sebagai database, Daftar Siswa juga berfungsi sebagai daftar nilai.
Nilai yang telah masuk pada Sheet Database dikirim ke Daftar Siswa. Agar dapat berfungsi sebagai daftar nilai maka Nama Siswa disusun  secara urut berdasarkan urut kelas.
Nilai akan masuk dengan sendirinya setelah siswa menyimpan hasil pekerjaan pada kolom nilai sesuai dengan kelas masing-masing. 
Agar siswa mudah login-nya maka urutkan kolom dari kiri ke kanan sebagai berikut : no. induk - nama - no.Absen - nilai - KKM (lihat gambar 5) dihubungkan dengan formimput menggunakan fungsi excel VLOOKUP dan validasi data pada Sheet FormImput :
Cell(C3)
=IFERROR(VLOOKUP(VLOOKUP($C$2;DataSiswa!$A$10:$F$514;2;FALSE;"")
Cell(C4)
=IFERROR(VLOOKUP(VLOOKUP($C$2;DataSiswa!$A$10:$F$514;3;FALSE;"")
Cell(C5)
=IFERROR(VLOOKUP(VLOOKUP($C$2;DataSiswa!$A$10:$F$514;4;FALSE;"")
Sheet DataSiswa juga berfungsi sebagai penghubung dari sheet Database ke sheet Analisis nilai/ Ana (Gambar 6). Masing-masing skor pada sheet Analisis nilai akan terisi dengan sendirinya setelah siswa menyimpan nilai pada sheet Nilai anda.


Sheet DataSiswa dihubungkan dengan :
  • Sheet Login (FormImput), untuk memanggil nomor induk siswa. Dengan dipanggilnya nomor induk maka akan muncul nama, no. absen, kelas, secara otomatis pada kotak login siswa.
  • Daftar siswa / Daftar nila. Antara Sheet login (FormImput), Sheet Database, dan Daftar siswa saling berhubungan, karena untuk mengimput nilai harus ada kesesuaian data siswa baik pada FormImput maupun sehtt Database.
  • Sheet Penghargaan. Sheet Database akan segera mengirim data nilai ke sheet Penghargaan apabila diminta. 
Demikian cara kerja imput nilai, antara FormImput, Database, DataSiswa, Analisis Nilai, dan Penghargaan saling berhubungan satu sama lain. Cara membuat lembar kerja (sheet) untuk pertanyaan dan kunci jawaban (khusus untuk guru) akan dibahas pada Evaluasi Digital Bagian 5.

Comments
0 Comments