BUAT PARA PELAJAR, TETAP SEMANGAT BELAJAR DI RUMAH,JANGAN PANIK MENGHADAPI VIRUS CORONA, TAPI JANGAN REMEHKAN KARENA SIAPA SAJA BISA JADI KORBAN, SEMOGA PANDEMI CORONA SEGERA BERAKHIR SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG BERSAMA "GARUDA BUKATEJA" DALAM SITUASI PANDEMI COFID 19

CARA MEMASUKKAN GAMBAR KE DALAM BLENDER 3D

      Sebelum ini saya kesulitan cara memasukkan gambar ke dalam Blender 3D animasi, untung saja teringat akan kawan yang pernah menyampaikan materi tentang editing blender, dan ternyata dia telah memposting cara memasukkan gambar ke dalam Blender Animasi. Setelah saya coba ternyata benar. Diawali dengan membuka memasukkan plane, dan menyeting plane menjadi sebuah background yang masih gelap. atas petunjuknya tinggal mendrag gambar yang terdapat di komputer, langsung jadi. Untuk lebih jelasnya baca petunjuk berikut :

      Sebelum melakukan praktek ada beberapa hal yang perlu diketahui, saya menggunakan Blender versi 2.70 pada sistem operasi Linux Mint Petra. Untuk versi di bawahnya saya kurang tahu apakah fitur ini bisa bekerja dengan baik. Sedangkan untuk versi setelah 2.70 sepertinya fitur ini bisa berjalan dengan baik.

Setahu saya pada versi Blender sebelumnya ada fitur yang mirip dengan drag and drop texture ini yang bernama import image as plane. Pada versi 2.70 ini saya tidak menemukan fitur tersebut pada default Blender yang dibuka. Setelah saya coba cari di adds on saya juga tidak menemukannya. Mungkin fitur ini sudah disempurnakan menjadi drag and drop texture. Istilah drag and drop texture merupakan istilah karangan saya sendiri, mungkin kalau ada yang tahu istilah dari official Blender bisa minta bantuan untuk mengkoreksi.

 

Drag and drop texture image

Dengan fitur drag and drop texture ini kita harus mempersiapkan sebuah model 3D. Bisa berupa plane maupun berupa plane. Silakan coba obyek yang ingin di coba. Setelah itu cukup dengan drag sebuah gambar dari jendela explorer (kalau di ubuntu nautilus) menuju obyek 3D di Blender. 
Langkah seperti ini sangat sulit dijelaskan dengan kata-kata. Langsung saja simak demo yang saya lakukan untuk menambahkan tekstur gambar pada sebuah obyek 3D di Blender. 
 Apabila masih masih kesulitan lihat tutorial video ini.
Comments
0 Comments

No comments :